Tugas Softskill Pendidikan Kewarganegaraan


Tugas Softskill minggu ke-1

Soal :
1. Apa yang menjadi tujuan utama dari pendidikan kewarganegaraan, dilihat dari sudut seorang mahasiswa dan dari sudut  umum
2. Pendidikan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. Sikap ini disertai dengan perilaku yang :
    a. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa
    b. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara
    c. Rasional, dinamis, dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga Negara
    d. Bersifat professional yang dijiwai oleh kesaadaran bela Negara
    e. Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan Negara.
Dari point-point tersebut, tolong jabarkan maksud dari point diatas
3. Apa yang akan anda lakukan agar menjadi warga Negara yang baik, serta bagaimana anda memberikan konstribusi kewarganegaraan

Jawab: 
1. Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi serta seni. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia indonesia yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, profesional, bertanggung  jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani.

Dipandang dari segi mahasiswa, Pendidikan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik atau mahasiswa serta membangun karakter mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Sikap ini disertai perilaku yang:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa.
- Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masnyarakat berbangsa dan bernegara.
- Rasional, dinamis, dan sabar akan hak dan kewajiban warga negara.
- Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.
- Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.
Melalui pendidikan Kewarganegaraan , warga negara Republik Indonesia khususnya mahasiswa diharapkan mampu memahami atau mengerti lebih dalam, menganalisa, dan menjawab masalah-masalah yang di hadapi oleh masyarakat , bangsa dan negaranya sesuai dengan cita-cita dan tujuan nasional  yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

2. Penjabarannya :
    a. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa.
        Yaitu: kita sebagai warga Negara Indonesia harus menganut satu agama, yang telah diakui oleh   Negara, seperti yang kita ketahui Negara Indonesia hanya mengakui 6 agama yaitu : Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, Kong Hu Cu, tentunya setiap agama tersebut terdapat perintah atau kewajiban sebagai umat beragama yaitu beribadah, serta terdapat pula larangan seperti tidak boleh melakukan tindakan tercela, dan setiap perbuatan terdapat balasannya contoh apa bila kita melakukan  sebuah kebaikan tentunya kita mendapatkan pahala, begitupun sebaliknya apa bila kita melakukan sebuah keburukan kita akan mendapatkan dosa. Dan serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa, yaitu kita melakukan semua hal tersebut harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
    b. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masnyarakat berbangsa dan bernegara.
        Yaitu :kita sebagai warga Negara Indonesia harus memiliki budi pekerti yang luhur, baik sikap maupun sifat, kita harus memiliki perilaku positif agar tidak merugikan orang lain. Contoh dalam berkendara sepedamotor seringkali kita melihat ada beberapa pengendara yang ugal-ugalan dan tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas sehingga merugikan para pengguna jalan yang lain, tak jarang menimbulkan kecelakaan lalulintas, padahal sudah jelas pada tata tertib lalulintas kita harus menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan sekian, ketika lampu merah kita harus berhenti, tindakan tidak tertib dalam berkendara itu dapat disebut juga tindakan tidak berdisiplin dalam berlalulintas.
    c. Rasional, dinamis, dan sabar akan hak dan kewajiban warga negara.
       Yaitu : kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya memiliki hak dan kewajiban sebagai warga Negara, seperti yang kita ketahui hak adalah sesuatu yang wajib kita dapatkan, dan kewajiban adalah sesuatu yang wajib kita lakukan agar memperoleh hak kita sebagai warga Negara, hak dan kewajiban yang kita peroleh harus rasional, dinamis dan juga sabar dalam mendapatkannya, contoh: kita sebagai individu membutuhkan tempat tinggal dan dalam tempat tinggal kita membutuhkan listrik untuk lampu, atau mengoperaksikan benda –benda elektronik, dan tiap bulan tentu kita wajib membayar tagihan listrik agar mendapatkan aliran listrik, dalam  pembayaran listrik terdapat pajak itulah kewajiban kita sebagai warga Negara Indonesia salah satunya membayar pajak, yaitu pajak penerangan jalan, sehingga kita dapat melalui jalanan ibu kota ketika malam hari terang menderang itulah hak yang kita dapatkan sebagai warga Negara Indonesia .
    d. Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela Negara.
      Yaitu: kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya mengetahui arti dari sifat professional yaitu : orang yang melakukan profesinya dengan sebaik-baiknya dengan menjalankan tugas dengan baik dan bela Negara yaitu : tekad,dikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara republic Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, contoh : kita tentu tau tentang profesi seorang polisi, tindakan yang sering kita lihat yaitu aksi tilang, dalam aksi tilang tersebut polisi dituntut professional yaitu tidak akan bergeming walaupun kita sogok dengan uang, dan bela tanah air yaitu menilang yang memang orang tersebut melanggar tata tertib lalu lintas yang bisa saja menimbulkan masalah bagi pengguna jalan yang lain.
    e. Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan Negara.
       Yaitu : kita sebagai warga Negara Indonesia tentunya telah bijak dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan khususnya ilmu teknologi dimana kitapun dituntut untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya . contoh : kita dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dimata dunia dengan mengikuti perlombaan dalam bidang SAINS salahsatunya dengan mengikuti perlombaan robotic, dimana dalam pembuatan robot itu sendiri kita membutuhkan ilmu pengetahuan tentunya, dan untuk menggerakan robot tersebut kita membutuhkan pula teknologi didalamnya dan dalam pembentukan kerangka robot tersebut kita tentunya ingin membuat robot yang indah dengan nilai estetika tersebut kitapun melibatkan seni didalamnya

3. cara agar menjadi warga Negara yang baik, salah satunya dengan menjalankan peran-peran sebagai warga Negara, seperti :
    a. peran warga Negara dibidang hukum
        yaitu :
 - ikut dalam melakukan pemilihan umum sesuai dengan UUD 1945 yaitu LUBER “Langsung Umum Bebas dan Rahasia” serta JurDil “ Jujur dan Adil”
- adanya kebebasan untuk menyatakan pendapat sesuai dengan pancasila dan UUD 1945 dimana dalam mengeluarkan pendapat kita tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang kasar dan unsur sara
- ikut menciptakan aparat penegak hukum yang jujur dan bertanggung jawab salah satu contohnya yaitu dengan mengawasi polisi dalam menjalankan tugasnya apabila terdapat aparat penegak hukum misalnya polisi yang nakal atau menyeleweng dari tugasnya kita bisa menegurnya ataupun melaporkannya kepada atasannya agar kejadian tersebut tidak menyebar luas.
    b. Peran warga Negara dibidang sosial budaya
        Yaitu :
- Menghapuskan segala macam bentuk diskriminasi terhadap ras, warna kulit serta agama.
- Ikut dalam pelaksanaan tiap kegiatan menyangkut sosial dan menghormati adanya keanekaragaman
- Ikut dalam melestarikan budaya Indonesia dengan cara ikut memperkenalkan budaya budaya Indonesia.
    c. Peran warga Negara dibidang ekonomi
       Yaitu :
- Mewujudkan perkembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis kekeluargaan sehingga menguntungkan banyak pihak. Contohnya koperasi rakyat, dll
- Menyantuni anak yatim dan fakir miskin.
- Kedepannya kita dapat membuka lapangan  pekerjaan sehingga banyak orang yang menjadi karyawan kita dan kita bisa ikut membantu dalam sektor ekonomi keluarga mereka tentunya, serta dapat pula memajukan sektor ekonomi Negara.

Comments