TUGAS SOFTSKILL "FlowChart Mesin Pengisi Dan Penutup Botol Otomatis"



PENJELASAN FLOW CHART MESIN PENGISI DAN PENUTUP BOTOL OTOMATIS :
ü  START
Menandakan bahwa mesin dalam keadaan aktif dan siap bekerja, mesin yang aktif diantaranya yaitu konveyor X dan Y serta Pemutar Botol
ü  MASUKAN BOTOL KE KONVEYOR
Dalam proses ini ada peng-inputan  1 produk yaitu botol yang dinaikkan ke atas konveyor untuk diproses.
ü  SENSOR MENDETEKSI
konveyor membawa botol pada sensor pendeteksi, jika sensor membaca (YA) atau botol terdeteksi akan mengakibatkan konveyor X Off dan Koveyor Y dan pemutar botol tetap ON, sedangkan apabila sensor tidak membaca (TIDAK) botol akan masuk ke kondisi MASUKAN BOTOL KE KONVEYOR, atau kembali kedalam posisi INPUTAN.
ü  SET WAKTU PENGISIAN
dimana ini merupakan Proses penyetingan waktu untuk pengisian cairan dalam 1 botol agar tidak overload ataupun cairannya kurang dari batas standartnya.
ü  PENGISIAN CAIRAN PADA BOTOL SESUAI
apabila YA akan mengaktifkan konveyor X menghantarkan Botol tersebut ke Konveyor X, apabila TIDAK akan masuk kembali ke kondisi SET WAKTU PENGISIAN.
ü  PENUTUPAN BOTOL SESUAI
apabila kondisinya penutupan botolnya sesuai (YA) maka barang sudah selesai di proses, dan apabila kondisi penutupan botolnya tidak sesuai (TIDAK) maka kembali lagi ke konveyor X sehingga dapat diproses kembali pada pemasangan tutup botolnya.
ü  END
Proses telah selesai.

CARA KERJA MESIN PENGISI DAN PENUTUP BOTOL OTOMATIS:
botol-botol yang akan di proses dimasukan dinaikan diatas konveyor Y dahulu untuk di deteksi oleh sensor apakah botol tersebut layak atau tidak, apabila layak akan disalurkan kepada mesin pemutar botol untuk dilakukan pengisian cairan pada botol, apabila pengisiannya sesuai maka botol dinaikan diatas konveyor X dan pada konveyor X botol-botol yang terisi oleh cairan tersebut diproses untuk diberitutup, apabila tutupnya sesuai maka proses selesai


Comments