Liburan Low Budget di BANGKA BELITUNG

Hai semuanya untuk postingan kali ini aku mau berbagi cerita tentang liburanku yang paling mendadak dan paling ga ada prepare sama sekali, yup liburan kali ini aku memilih Bangka Belitung sebagai Tempat berliburku, Bangka belitung sendiri merupakan Kampung halaman dari Bapakku, yosh, aku akan berbagi cerita tentang liburan disana,

sedikit cerita, aku pesen tiket jam 5.30 habis subuh pokoknya pesen tiket di Treveloka.com langsung transfer dan n naik pesawat jam 09.30, untuk harga tiket pesawat sendiri tujuan Depati Amir (bangka belitung) tergolong terjangkau, dengan range 307.000 s.d 1 jutaan dan itu tergantung maskapai penerbangan yang kalian pilih dan juga waktu dan tanggal penerbangannya,

next....

aku sampe di bangka belitung kira-kira pukul 10.45 atau jam 11an, tidak ada perbedaan waktu antara bangka belitung dan jakarta, sesampainya di bangka belitung, aku dijemput oleh saudara aku, oia jarak dari bandara ke kampung aku yaitu Belinyu sekitar 3 s.d 4 jam, sampai disana aku langsung beres", oia untuk penginapan disini aku menginap dirumah saudara aku, tapi kalau kalian ingin menginap di bangka belitung juga terdapat hotel dan juga motel yang harganya range 150.000 s.d 400.000 an per malam,

yosh... sore harinya aku langsung caw ke Tanjung Putat atau Pantai Putat, Belinyu

uniknya dari Tanjung Putat atau Pantai Putat ini apabila sedang Pasang sangat jauh sekali surutnya hingga kita dapat melihat ikan-ikan kecil yang terperangkap di kubangan air pasang

hari ke dua, aku cus ke pantai Tongachi, Sungai Liat,  aku sudah pernah beberapa kali kesini, waktu aku kesini pertama kali aku ga tau kalau disebelah kanan pantai ada banyak hiasan payung-payung nan cantik dan ada kayak ada dermaga kecil gitu,jadi aku sertain photonya juga disini ya,

kalau dipantai tongachi ini kalian hanya perlu merogoh kocek untuk parkir saja,

setelah dari pantai tongachi, aku langsung pergi ke Pedepokan Puri Tri Agung, Sungai Liat

tempat ini merupakan sebuah Puri yang berada diatas tebing yang berada di pinggir pantai, pemandangannya sangat indah sekali, tapi sangat disayangkan pada tangga di depan Puri banyak sekali sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung seperti bekas makanan ataupun minuman kemasan, untuk bisa menikmati tempat ini kalian hanya perlu membayar parkir

setelah puas berfoto-foto di Puri Tri Agung, aku pun langsung ke Pantai Tikus Emas, Sungai Liat

di Pantai Tikus Emas ini kalian dikenakan biaya yaitu 2.500 per orang, murah banget kan...

setelah dari Pantai Tikus Emas, aku tak sengaja melewati tempat bekas galian timah, berwarna cantik sekali, sekedar info saja bangka belitung merupakan daerah penghasil timah, tapi sangat disayangkan tak sedikit terdapat penambang liar dan bekas dari penambangannya tersebut terabaikan, galian seperti ini bukan hanya ada 1 di pulau bangka ini, tapi ada banyak sekali,

foto di tempat bekas galian timah ini aku gratis, ga ada tukang parkir dan tukang karcisnya disini

selanjutnya, aku pergi ke Bukit Fathin, Sungai Liat

dibukit ini aku bisa melihat pemandangan kota Sungai Liat, dan indah sekali disini, namun sangat disayangkan banyak tangan-tangan iseng yang mencoret-coret bebatuan di bukit ini, dan pada puncaknya bukit ini dibagian pagar penghalangnya sudah banyak yang rusak, dan bisa membahayakan pengunjung yang berada dipinggir dekat pagar pembatas.
untuk bisa menikmati keindahan bukit fathin ini, kalian hanya perlu membayar biaya parkir saja

setelah dari bukit fathin akupun pergi ke Pantai Parai Tenggiri, Sungai Liat

dengan harga tiket masuk sebesar 5.000 rupiah saja kalian sudah dapat menikmati indahnya pantai, dan untuk kalian yang masih betah di pantai parai tenggiri, tenang saja disini juga tersedia resort penginapan untuk bermalam, penginapan tersebut terletak dipinggir pantai parai tenggiri

Next... Hari Ketiga... aku pergi ke Batu Dinding, Belinyu

pada tempat wisata batu dinding ini sangat indah berupa bukit yang mengarah ke laut bukit ini sebagian besar terdiri dari bebatuan, tempatnya sangat sejuk dan asri sekali disini, dan untuk masuk tempat ini yaitu adalah GRATIS dan yang aku suka dari tempat ini yaitu bersih

setelah dari tempat wisata batu dinding, kami menuju Phak Kak Liang, Belinyu

untuk masuk tempat ini hanya dikenakan biaya parkir, dan untuk memberi makan ikan di kolam, kita bisa membeli makanan ikan dengan harga 5.000 Rupiah saja, tempatnya sangat indah dan sejuk tapi sangat disayangkan cat nya sudah mula pudar, semoga kedepannya bisa di cat kembali.

Next... Hari Keempat hari ini aku akan pergi ke Bangka Botanical Garden, Pangkal Pinang

tempat wisata ini sangat sejuk sekali, disini juga terdapat perternakan susu sapi, sehingga kita dapat mengkonsumsi susu segar dengan harga yang relatif murah, disini juga ada beberapa perkebunan, lalu terdapat pula kolam untuk memancing dilengkapi dengan saung-saung, dan kalian juga dapat berkuda disini, untuk masuk kedalam tempat wisata ini GRATIS ya gaisssss....!!!!

pas kita mau jalan pulang ga sengaja ketemu jembatan ini, yaitu Jembatan Emas, Merawang

untuk berfoto di jembatan ini juga Gratis Gais, hummm aku baru pertama kali ke jembatan ini, eits... disini juga banyak sekali pasangan yang berfoto untuk prewedding loh Gais....

yang aku sukai di seluruh pantai di pulau bangka ini adalah
1. Pasirnya Putih
2. Bersih

3. ini yang paling penting yaitu adalah... GRATIS, dan ada beberapa pantai yang dikenai biaya dan itupun hanya biaya parkir kendaraan, buat kalian yang mau backpacker jangan lupa cobain datang ke bangka belitung ya....

finaly, akhirnya dengan berat hati aku besok pulang ke Jakarta lagi, hummm mau refreshing dengan budget minim, ke bangka belitung aja, banyak sekali desinasi wisata disini yang pastinya murah meriah dan gak RAME serasa di PRIVATE ISLAND deh kalau kalian ada di pantainya

oia skedar tips untuk kalian yang ingin berlibur ke Pantai di Bangka Belitung, disini masih sangat minim penjual makanan di dekat pantai untuk berjaga-jaga lebih baik kalian membawa bekal apabila ingin kepantai dan jangan pernah berkemah di pantai, karena di khawatirkan akan diganggu oleh anjing liar.

sekilas info lagi untuk di daerah kampungku yaitu belinyu disini tidak ada minimarket seperti Alfamart,indomart,ceriamart,dandan, dll, disini kalian bisa berbelanja ke Toko-toko lokal yang ada di pasar  atau ruko pinggir jalan, terus untuk Mall, di kampung aku di Belinyu hanya memiliki 1 Mall yaitu Puncak Mall, dan kampung aku tidak ada bioskop kalau mau ke bioskop harus ke pangkal pinang dulu, dan bioskop ini baru berdiri sekitar 2 tahun yang lalu, waktu sebelum ada bioskop di pulau bangka, kami jika ingin menonton bioskop harus ke palembang dahulu,

untuk makanan disini banyak juga makanan HALAL, pokoknya teliti liat menu makanannya sebelum membeli ya, jangan asal pesan saja, kalau perlu kalian tanya saja kepenjaga restoran atau warung makannya mengandung babi atau tidak.

dan satu lagi, kalian jangan pernah berenang di sungai, karena setelah banjir beberapa waktu lalu, banyak buaya yang ikut terbawa arus ke sungai-sungai dan sudah banyak korbannya, plus disini juga masih banyak hutan otomatis masih ada banyak hewan liar seperti ular dan anjing liar

sekian cerita liburan aku di bangka belitung, ini baru beberapa tempat saja, dan masih banyak surga tersembunyi lainnya di PULAU BANGKA